Panduan Pendaftaran PDSS SPAN-PTKIN Sekolah & Siswa 2022

0 Komentar
Beranda
SPAN-PTKIN
Panduan Pendaftaran PDSS SPAN-PTKIN Sekolah & Siswa 2022

https://www.kedinasan.infohttps://span-ptkin.ac.id/, -- 2022/2023 -- Salah satu syarat pendaftaran siswa pelamar jalur seleksi SPAN-PTKIN harus didaftarkan terlebih dahulu oleh pihak sekolah melalui pendaftaran PDSS Sekolah dan Siswa SPAN-PTKIN.

Pada artikel ini akan diberikan informasi penting tentang Panduan Pendaftaran PDSS SPAN-PTKIN Sekolah & Siswa 2022. Silahkan lengkapi persyaratan dan lakukan pendaftaran PDSS SPAN-PTKIN sesuai dengan jadwal pendaftaran yang telah diitetapkan.

PDSS merupakan singkatan dari Pangkalan Data Sekolah dan Siswa, dimana dalam pendaftaran SPAN-PTKIN dilakukan secara online dengan mendaftarkan PDSS sekolah dan siswa.

Pada artikel ini akan diberikan Panduan Pendaftaran PDSS SPAN-PTKIN Sekolah & Siswa 2022. Semoga artikel dapat dijadikan rujukan untuk mendaftar pada seleksi SPAN-PTKIN.

Bagi siswa SMA/sederajat kelas XII yang lulus tahun ini yang akan melanjutkan studi di PTKIN melalui jalur SPAN-PTKIN silahkan ikuti alur pendaftaran di bawah ini.


1. Tata Cara Pendaftaran Pihak Sekolah (Pendaftaran PDSS SPAN-PTKIN)

Ada 2 (dua) kriteria sekolah pendaftar SPAN-PTKIN, yaitu sekolah yang sudah memiliki NPSN dan sekolah yang belum memiliki NPSN.

Bagi sekolah yang belum memiliki NPSN silahkan Mengirimkan surat permohanan dengan melampirkan SK Kepala Sekolah melalui email dengan alamat info@span.ptkin.ac.id. Sehingga nantinya sekolah yang didaftarkan akan mendapatkan NPSN dan Password

Bagi sekolah yang sudah memiliki NPSN silahkan login di pdss.span-ptkin.ac.id. 
Maka akan muncul laman seperti pada gambar di bawah ini.


Apabila sudah menuju di pdss.span-ptkin.ac.id. silahkan ikuti alur pendaftaran di bawah ini
  1. Pada gambar di atas poin 1 yang dilingkari warna merah silahkan isi NPSN sekolah, sedangkan poin 2 silahkan isi password, dan poin 3 isikan captcha yang tersedia (contoh gambar di atas adalah gsxw6). Selanjutnya klik poin 4 untuk Daftarkan Sekolah
  2. Apabila pendaftaran telah sukses silahkan Entri Data Sekolah
  3. Silahkan upload hasil scan akreditasi sekolah (hasil scan dengan format JPG maksimal 2 MB) serta isi nama NPSN, nama Sekolah. Apabila sudah diisi secara lengkap silahkan klik "Lanjut Pendaftaran"
  4. Selanjutnya upload hasil scan SK Kepala Sekolah (hasil scan dengan format JPG maksimal 2 MB) serta isi nama sekolah dan NPSN. Apabila sudah selesai silahkan klik "Lanjut Pendaftaran"
  5. Isikan profil sekolah dan Kepala Sekolah secara lengkap dan benar. (Pastikan data sudah sesuai)
  6. Selanjutnya silahkan klik "Simpan Pendaftaran"
  7. Sistem akan mengirimkan email ke masing-masing sekolah
  8. Buka email yang digunakan saat pendaftaran (Mendapatkan password)
  9. Validasi Pendaftaran dengan mengklik tautan pada kotak masuk yang tersedia
  10. Apabila sudah tervalidasi login kembali di pdss.span-ptkin.ac.id kembali.
Pada laman ini tugas pihak sekolah adalah untuk login pendaftaran. Untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Apabila sudah tervalidasi login kembali di pdss.span-ptkin.ac.id. maka akan muncul laman seperti pada gambar di bawah ini.

Pada poin 1, poin 2, dan poin 3, silahkan isi sama halnya pada pendaftaran sekolah di atas. Namun yang membedakan silahkan klik pada poin login yang tertera pada poin 4 seperti yang terlihat pada gambar di atas.
  1. Apabila sudah login silahkan Entri Data Siswa
  2. Isilah jumlah siswa yang akan mendaftar SPAN-PTKIN lalu klik "Simpan" (apabila sudah disimpan data yang dimasukan tidak dapat dirubah pastika data sudah sesuai)
  3. Selanjutnya silahkan isi nilai KKM, meliputi: KKM berdasarkan jurusan yang dilakukan per mata pelajaran yang du UN kan dari kelas 10 semester 1sampai kelas XII semester 1. (pastikan data sesuai dengan kurikulum sekolah)
  4. Dalam pengisian KKM dapat dilakukan dengan cara mengunduh file excel yang tersedia dilanjutkan dengan mengunggahnya apabila sudah terisi semuanya.
  5. Bagi pengisian untuk yang kelas X yang belum terdapat jurusan silahkan isi nilai "0" untuk pelajaran bidang jurusan
  6. Sebelum finalisasi silahkan "Cek Nilai KKM" terlebih dahulu
  7. Finalisasi Pendaftaran (KKM yang sudah difinasliasi tidak dapat dirubah)
  8. Apabila sudah finalisasi silahkan masukkan satu per satu data masing-masing siswa dengan cara klik "Tambah Data Per Siswa"
  9. Isikan data siswa yang sesuai beserta NISN masing-masing siswa
  10. Pastikan sebelum finalisasi data masing-masing siswa sudah sesuai
  11. Finalisasi Pendaftaran (Apabila data sudah difinalisasi maka data tidak dapat dirubah kembali. Untuk pengajuan perubahan data siswa silahkan ajukan suart permohonan melalui email ke info@span-ptkin.ac.id
  12. Apabila data sudah difinalisasi silahkan unduh login siswa
  13. Memberikan pasword login kemasing-masing siswa
  14. Siswa login pendaftaran dengan menggunakan no login yang dibagikan oleh pihak sekolah
Secara singkat pendaftaran SPAN-PTKIN untuk pihak sekolah seperti alur pendaftaran pada gambar di bawah ini.


2. Tata Cara Pendaftaran Masing-Masing Siswa

Cara pendaftaran jalur SPAN-PTKIN masing-masing siswa adalah sebagai berikut:
Masing-Masing siswa yang sudah mendapatkan no login pendaftaran yang diberikan oleh pihak sekolah silahkan login di siswa.span-ptkin.ac.id
  1. Isikan biodata kalian secara lengkap dan benar
  2. Apabila biodata sudah diisi silahkan "Pilih Program Studi" yang kalian minati
  3. Selanjutnya silahkan Finalisasi Data
  4. Silahkan Cetak Kartu Peserta (Simpan Kartu Peserta karena digunakan untuk melihat kelulusan dan daftar ulang bagi yang lulus)
  5. Cek Kelulusan/Pengumuman
  6. Lulus

Itulah informasi mengenai Panduan Pendaftaran PDSS SPAN-PTKIN Sekolah & Siswa 2022. Silahkan lakukan pendaftaran PDSS SPAN-PTKIN sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Baca juga:

Tidak ada komentar